Pernikahan Dini ?




BKKBN dan Kementerian Kesehatan lebih setuju usia perkawinan untuk perempuan minimal usia 20 atau 21 tahun. 

Menurut Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Prov. Bengkulu bahwa pada tahun 2016 terjadi sebanyakk 20% pernikahan pada remaja di Prov.Bnehkulu. Yang mana pada wilayah Kec.Kampung Melayu ini banyak remaja baik putra/putri yang ikut menyandang angka kejadian nya.

Minggu, 10 Desember 2017 sebagai survey mengenai pandangan / faktor yang mempengaruhi paernikahan dini menurut beberapa narasumber.

Nurul Ulfa siswi SMA, berpendapat "pernikahan dini itu tidak baik karena selain dapat berpengaruh dalam kehidupan sosial tetapi juga mennimbulkan masalah kesehatan reproduksi" jelasnya.

Dilihat dari pandangan seorang Mahasiswi Kebidanan Poltekkes Bengklulu, Anggi Diamitri mengatakan "pandangan pernikahan dini sangat tidak baik dianjurkan, dikarenakan organ reproduksi yang belum siap".

Dwi Aprilia, Guru TK di Kel.Padang Serai Kec.Kampung Melayu berpendapat, "pernikahan dini tergantung dengan pola asuh orang tuanya, bahwa mereka menganggap anak perempuan tidak begitu membutuhkan masa depan sebagai wanita karir. Dan sebagai seorang guru, saya mulai menanamkan pendidikan seks untuk mencegah terjadinya pernikahan dini", ujar Ibu Dwi.

Dilihat dari pendapat seorang Ibu Rumah Tangga, yaitu Putri, baginya pernikahan dini itu boleh-boleh saja guna menghindari zinadan juga dengan mengambilkeputusan menikah berarti sudah berani bertanggung jawab.

Mytha mengatakan, " pernikahan dini itu tentunya kalau bisa dihindari karena sesungguhnya kematangan usis juga mempengaruhi kehidupan rumah tangga", ungkap Ibu RT dua anak ini.

Dari pendapat beberapa narasumber ini, dapat disimpulkan bahwa pernikahan dini sebaiknya tidak dilakukan karena berbagai dampak dan beberapa faktor yang terjadi akan menimbulkan masalah tidak hanya masalah rumah tangga karena ego yang belum dapat dikontrol tetapi juga masalah reproduksi. di wilayah Kec.Kampung Melayu karena pola pikir dan pandangan orang tua yang menganggap bahwa anak perempuan cepat/lambat pasti akan menikah.

Komentar

Postingan Populer