Peralihan Lahan Pertanian & Peternakan menjadi Lahan Pemukiman

Pengaruh Pertumbuhan Perekonomian Masyarakat Petani & Peternak Pada Era Peralihan Fungsi Lahan Menjadi Kawasan Pemukiman di Wilayah Kel.Padang Serai Kec.Kampung Melayu


sesi wawancara bersama Bapak Ratu Marga
Menurut penuturan Bapak Ratu Marga selaku tokh masyarakat di wilayah Kel.Padang Serai Kec.Kampung Melayu bahwa pada awalnya wilayah sekitar Kec.Kampung Melayu ini merupakan sentra pertanian dan peternakan dengan berrbagai hasil yang menjadi percontohan seperti palawija dan kortilutltura. Menurut beliau Bapak Ratu Marga "dimulai sejak beliau tinggal dan menetap di Padang Serai pada tahun 1993, merupakan tahun kemakmuran, dimana segala sesuatu masih sangat terjangkau danmudah di dapatkan, misalnya pupuk, bibit tanaman, atau bahan baku lainnya." ujarnya.

Semua berlangsung baik hingga mencapai tahun 1997 dimana krisis moneter besar besaran terjadi mengakibatkan bahan naik, sehingga sedikit mengejutkan masyarakat. tetapi hal ini tidak berdampak begitu fatal karena lingkungan dan kekompakan masyarakat yang mendukung. Bisa dikatakan krisis yang terjadi tidak begitu berakibat bagi masyarakat karena masih dapat menghasilkan sayur mayur dengan kualitas baik. 

Namun, walaupun masyarakat dapat melalui masa-masa sulit ini, tetapi tidak begitu baik pada tahun 2005. Tahun-tahun rawan mulai terjadi, dimana ancaman sebenarnya mulai terjadi pada tahun ini mulai marak developer datang dengan berbagai maksud dengan motif mensejahterakan perekonomian masyarakat. Dengan harapan masyarakat mau menjual lahan milik mereka untuk dijadikan pemukiman sehingga kecamatan kampung melayu menjadi lebih modern. Sebagai gantinya masyarakat yang awalnya bekerja sebagai petani/peternakan mau tidak mau betganti pekerjaan menjadi kuli bangunan/buruh harian.

Di tahun 2013 wilayah kampung melayu khususnya padang serai ini sudah beganti wajah yang awalnya hijau dengan lahan yang subur namun sudah berubah dengan bangunan-bangunan rumah. sejak tahun 2013 sampai dengan 2017 sekarang, sudah dapat kita lihat bersama semua sudah rata dengan pemukiman baru, tidak ada lagi lahan-lahan yang menjadi mata pencaharian di tanah sendiri.





Hanya karena tergiour dengan tawaran yang disodorkan oleh developer, masyarakat rela melepaskan lahan milknya sekalligus mata pencahariannya dan dampak nyata baru merekka rasakan sekarang," Jelas Bapak Ratu Marga.








Lahan Pertanian & Peternakan yang beraligfungsi menjadi pemukiman penduduk.

Wilayah Kel.Padang Serai Kec.Kampung Melayu.






Komentar

Postingan Populer